Kajian Paradigma

1 Mar
  1. Paradigma menurut :
    1. Etimologi:

berasal dari bahasa Yunani Para Digma yang berarti suatu model, teladan, arketik dan ideal, dari kata para berarti disamping, memperlihatkan dirinya.

  1. Terminologi :

merupakan landasan berpikir atau konsep dasar yang dianut atau dijadikan pula oleh masyarakat tertentu termasuk ilmuwan dalam studi keilmuan(Thomas S Khun). Sedangkan R.Ritzermerupakan cara pandang sebagai dasar para ilmuawan untuk mempelajari tentang apa yg menjadi pokok masalah yang semestinya  dipelajari dan dicoba dengan ilmu pengetahuan untuk memecahkan persoalan.

  1. Pendapat Thomas Kuhn tentang :
    1. Normal secience:

Hasil-hasi studi terhadap suatu bidang keilmuan baik hasil-hasil penelitian,teori,dalil atau paradigm yg telah diterima secara luas kemudian digunakan ilmuwan sebagai landasan berpijak  dalam melakukan studinya.

  1. Anomaly:

ketidakmampuan suatu normal secience dalam menjelaskan dan memecahkan fenomena-fenomana baru yang khusus dan berbeda dengan sesuatu yang telah dipecahkan sebelumnya oleh paradigma yang ada.

  1. Crisis Paradigma:

merupakan dampak dari anomali karena munculnya berbagai keganjilan atau aneka pemyimpangan dari sesuatu yang telah lazim diterima yang tidak mampu dijelaskan oleh paradigma yang ada.

  1. Revolusi:

1). Revolusi keilmuan terjadi jika paradigma yang sedang digunakan para ilmuan dalam tataran normal science tidak mampu lagi memecahkan berbagai masalah baru atau tidak mampu menjawab berbagai anomali yang terjadi dalam kondisi krisis paradigma sehingga munculah paradigma baru.

2). Paradigma baru dapat muncul karena ikhtiar keilmuan ilmuwan atau munculnya fenomena baru.

3). Interprestasi ilmuwan tentang alam atau realitas akan berubah ketika paradigma yang digunakannya berubah.

4). Ketika suatu paradigma baru hasil revolusi itu telah diterima komunitas ilmuwan yang luas, akan menjadi normal science.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: