Analisis SWOT

29 Feb

ANALISIS POSISI LINGKUNGAN  STRATEGIS SEKOLAH

 

  1. Aspek Geografis

MTs  Negeri Ciamis  terletak di Desa Panyingkiran Ciamis yang beralamat di Jalan Panyingkir  No 70 Ciamis .

MTs Negeri Ciamis berdiri sejak tahun 1985, berdiri diantara rumah-rumah penduduk  yang mayoritas beragama Islam dan disekitarnya terdapat beberapa pesantren kecil yang dimanfaatkan murid-murid MTs Negeri Ciamis sebagai tempat mondok. Jalur angkutan kota  yang melewati MTs  Negeri Ciamis adalah no 06, tetapi sungguh disayangkan kurangnya /terbatasnya angkutan kota no 06 menyebabkan kendala siswa dalam hal  transportasi, beberapa siswa sering terlambat karna  masalah transportasi.

KONDISI  MADRASAH

Kondisi nyata di MTs Negeri Ciamis saat ini adalah :

No.

FUNGSI DAN FAKTOR

KRITERIA KESIAPAN

KONDISI NYATA

TINGKAT KESIAPAN

SIAP

T. SIAP

1. Fungsi Belajar Mengajar.
1.1.  Faktor Internal.
a. Motivasi Guru. Tinggi Cukup

V

b. Alokasi Waktu. Efektif Efektif

V

c. Penggunaan Media. Variatif Cukup Variatif

V

d. Perangkat Pembelajaran. Ada Ada

V

e. SDM Guru. Siap Siap

V

f.  Metode. Variatif Variatif

V

g. Motivasi Siswa. Tinggi Cukup

V

h. Hubungan Guru dengan siswa. Kondusif Kondusif

V

i. Perilaku Siswa. Disiplin Cukup

V

j. Evaluasi. Terstruktur Terstruktur

V

1.2.  Faktor eksternal.
a. Lingkungan Fisik. Kondusif Kondusif

V

b. Lingkungan Sosiall. Kondusif Kondusif

V

c.  Kerjasama dengan pihak luar. Kooperatif Kooperatif

V

2. Fungsi Pendukung PBM.
2.1.  Ketenagaan.
Faktor Internal.
a.  Ketercukupan TenagaGuru. Memadai Cukup

V

b. Ketercukupan TenagaAdministrasi Memadai Memadai

V

c.  Kemampuan  Guru  Pem-bimbing. Tinggi Cukup

V

d.  Kemampuan TenagaAdministrasi. Tinggi Cukup

V

e.  Kemampuan Pustakawan. Tinggi Cukup

V

f.   Kemampuan Laboran Tinggi Cukup

V

Faktor Eksternal.
a.  Kesesuaian KompetensiGuru. Sesuai Sesuai

V

b. Kesesuaian dengan nilai /paradigma. Sesuai Cukup

V

c.  Kesesuaian KompetensiGuru Dengan Bidangnya. Sesuai Cukup

V

2.2.  Kesiswaan.
Faktor internal.
a. Motivasi siswa. Tinggi Cukup

V

b. Kedisiplinan Siswa. Tinggi Cukup

V

c. Karakteristik Siswa Tidak Tidak

V

d. Keaktifan Siswa Aktif Aktif

V

Faktor eksternal.
a. Lingkungan fisik. Kondusif Kondusif

V

b. Lingkungan Sosial Kondusif Kondusif

V

c. Dukungan masyarakat luar Kondusif Kondusif

V

d. Pengaruh perilaku sosial Kondusif Kondusif

V

Dari luar.
e. Pengaruh teknologi Sesuai Ada Penyimpangan

V

2.3. Kurikulum
Faktor internal.
a. Dokumen Kuirkulum. Lengkap. Lengkap

V

b. Buku Pegangan Guru Lengkap Cukup Lengkap

V

c. Buku Pegangan Siswa Lengkap Cukup Lengkap

V

Faktor eksternal.
a. Keseuaian   dengan  ke-butuhan masyarakat. Sesuai Sesuai

V

b. Kesesuaian dengankarakteristik siswa Sesuai Sesuai

V

c. Kesesuaian dengan ke-majuan IPTEK. Sesuai Sesuai

V

2.4.  Perencanaan Instruksional.
Faktor Internal.
a. Rencana Pembelajaran. Ada, Lengkap Ada, Lengkap

V

b. Instrumen Penilaian Ada, Lengkap Ada, Lengkap

V

c. Jurnal Mengajar Ada, Lengkap Ada, Lengkap

V

d. Perangkat Pembelajaran Ada, Lengkap Cukup

V

e. Remidi dan Pengayaan Ada,Sesuai Prosedur Ada,Sesuai Prosedur

V

Factor eksternal
a. Kondisi Lingkungan Kondusif Kondusif

V

b. Kerjasama antar guru Tinggi Tinggi

V

2.5.  Sarana Prasarana
Faktor internal.
a. Media Pembelajaran Ada, memadai Cukup, memadai

V

b. Ruang Kelas Ada, memadai Cukup, memadai

V

c. Ruang Bimbingan Ada, memadai Ada, memadai

V

d. Ruang Pendukung Ada, memadai Blm, memadai

V

e. Ruang Perpustakaan Ada, memadai Cukup, memadai

V

f.  Ruang Lab. IPA Ada, memadai Kurang, memadai

V

g. Ruang Lab. Bahasa Ada, memadai ada

V

h. Ruang Lab. Komputer Ada, memadai Kurang, memadai

V

i.  Fasilitas Olah Raga Ada, memadai Cukup, memadai

V

j.  Fasilitas Kesenian Ada, memadai Kurang, memadai

V

k. Fasilitas Komputer Ada, memadai Kurang, memadai

V

l.  Fasilitas Internet Ada, memadai Belum, memadai

V

m.Fasilitas   perabot   dan peralatan. Ada, memadai Kurang, memadai

V

Faktor eksternal
a. Dukungan Lembaga Lain. Tinggi Tinggi

V

b. Dukungan Masyarakat Tinggi Tinggi

V

2.6. Hubungan Madrasah dengan
Masyarakat.
Faktor internal.
a. Komite Madrasah Ada Ada

V

b. Komitmen KomiteMadrasah Tinggi Tinggi

V

c. Program Komite Madrasah Ada, Lengkap Ada, Lengkap

V

Faktor eksternal.
a. Hubungan antar instansi Ada, baik Ada, baik

V

b. Hubungan dengan masyarakat Ada, baik Ada, baik

V

2.7.  Pelaksanaan 10 K.
Faktor internal.
a. Letak Geografis Madrasah Baik Baik

V

b. Tatib Madrasah Baik, lengkap Baik, lengkap

V

c. Sarana Prasarana Lengkap Cukup

V

d. Personil Lengkap Lengkap

V

e. Biaya memadai Cukup

V

Faktor eksternal.
a. Lingkungan Madrasahdan sosial Kondusif Kondusif

V

b. Latar belakang siswa Kondusif Kondusif

V

c. Kemajuan system informasi Berpengaruh Berpengaruh

V

2.8. Keuangan.
Faktor internal.
a. RAPBM Lengkap Lengkap

V

b. Laporan Pertanggung-jawaban Akuntable Akuntable

V

c. Pembukuan Keuangan Memadai Memadai

V

d. Bukti Kas Ada Ada

V

e. Penyimpanan Aman Aman

V

f. Sistem pembayaran Praktis Praktis

V

g. Petugas Pelaksana Cakap, jujur Cakap, jujur

V

Faktor eksternal.
a.  Pengawasan Komitemadrasah Baik Baik

V

c. Pengawasan Irjen/BPKP Baik Baik

V

ANALISIS  SWOT  MTS NEGERI CIAMIS

 

SWOT

STRENGTH (S)

  • Letak Geografi Madrasah yang dikelilingi beberapa pesantren dan SD/MI
  • Kurikulum berdasarkan tingkat satuan pendidikan
  • Sarana dan prasarana yang cukup lengkap (ruang belajar, laboratorium, ruang bk dll)
  • Personil guru lulusan S1 dan S2
  • Personil Guru BK dan TU cukup

WEAKNESSES (W)

  • Motivasi siswa perlu peningkatan
  • Kedisiplinan kurang
  • Alokasi dana terbatas
  • Sebagian guru tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan
  • Sebagian guru tidak menguasai teknologi Laptop/kompuet, Infokus dan internet
OPPORTUNITIES (O)

  • Kesesuaian dengan kebutuhan masyarakat yaitu pendidikan berbasis agama/Islam
  • Citra positif sekolah yang berlandaskan agama
  • Dukungan dana BOS, APBD, komite sekolah dll
  • Dukungan kementrian agaman dan lingkungan sekitar positif/baik
  • Kerjasama antar guru terjalin dengan baik

Strategi SO

  • Keberadaaan MTs N Ciamis yang berlandaskan ajaran agama Islam mendukung/seimbang dengan lingkungan yang mayoritas beragama Islam dan pesantren
  • Pelaksanaan KTSP seimbangan dengan sumber dana yang tersedia
  • Berkoordimnasi dengan Depag/Diknas untuk menyelenggarakan MGMP, workshop dan pelatihan
  • Pelaksanaan praktikum/penggunaan laboratorium, perpustakaan, ruang BK lebih diintensifkan
  • Peningkatan Iptek dengan kursus komputer untuk guru dan TU

Strategi WO

  • Mewajibkan siswa  untuk mengikuti minimal salah satu organisasi siswa yang ada di sekolah
  • Perbaikan ruang praktukum/laboratorium, perpustakaan dan BK
  • Swadaya masyarakat dengan dikoordinir komite sekolah ikut menyumbangkan sarpras yang ada
  • Penyediaan program ekstrakulikuler sesuai dengan potensi siswa berdasarkan tes bakat
  • Penyediaan buku-buku penunjang praktikum dan KBM
  • Pengadaan laptop dan perangkatnya untuk menunjang KBM dari anggaran profesi /untuk masing-masing guru

 

THREATS (T)

  • Disekitar  Madrasah ada  3 SMP dan 2 MTs Swasta
  • Anggapan siswa bahwa bahwa bahasa Arab sulit menjadi alasan keengganan untuk melanjutkan ke MTs
  • Pengembangan Sarana dan prasarana
  • Pengembangan sumber daya manusia
  • Perbaikan laboratorium
  • Pengembangan manajemen sekolah
  • Terpenuhinya standar pembiayaan
  • Pengembangan kurikulum KTSP
  • Peningkatan kemampuan guru/TU dalam hal IPTEK
  • Transportasi umum yang melewati Madrasah kurang memadai
  • Latar belakang ekonimi dan sosial menengah kebawah

Strategi ST

  • Mengadakan pengajian rutin di mesjid Uswatun Hasanah MTs Negeri Ciamis untuk masyarakat sekitar
  • Guru Bk mengadakan test bakat untuk mendorong siswa mengikuti ekskul sesuai bakat dan minat
  • Mengikut sertakan siswa dalam lomba-lomba yang ada diluar dan yang diadakan di sekolah
  • Penjaringan siswa dengan penerimaan siswa tanpa testing untuk peringkat 1-5 dengan pemberian beasiswa barupan bantuan seragam/gratis
  • Sarana dan prasarasan sesuai dengan standar sarana yang ditetapkan diknas/Kemendag
  • Guru dan TU/Pengawai diarahkan sesuai dengan keahlian yang dimiliki
  • Mengadakan study tour siswa dan guru yang bertujuan meambah wawasan pengalaman untuk terus berprestasi

Strategi WT

  • Penggunaan absen dengan sistem prinjer print untuk menekan ketidak hadiran
  • Perpustakaan mengadakan buku sumber yang meunjang KBM, siswa diperbolehkan pinjam dengan gratis selama 1 semester
  • Kurangnya pemahaman guru dan TU diatasi dengan diadakan kursus komputer bagi guru dan TU
  • Mengadakan remidial atau les tambahan bagi siswa yang perlu pemahaman yang lebih lama
  • Menjaga silaturahmi yang intensif dengan tokoh masyarakat sekitar/ tokoh agama/ pengasuh pesantren
  • Pemberdayaan guru sesuai dengan disiplin  ilmu atau mendekati rumpunnya
  • Memanfaatkan sarana yang ada di sekolah secara optimal

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: